Macro Minitab

Minitab adalah salah satu paket software untuk statistika sama seperti SPSS, SAS dan beberapa paket program software statitika lainnya.

Sebagai salah satu software untuk membantu menganalisis data, minitab dikemas secara lengkap dan simpel.

Sehingga membuat user merasa mudah untuk menggunakannya. Menurutku yang sebagai orang awam, minitab lebih mudah digunakan daripada SPSS.

Meskipun di kalangan mahasiswa jika membutuhkan analisis data lebih sering menggunakan SPSS dibandingkan minitab.

Versi terbaru minitab sekarang sampai minitab versi 15, sayangnya aku masih menggunakan yang versi 14.

Namun versi terbaru tersebut tidak banyak mengalami perubahan, yang terlihat mencolok mungkin logonya saja yang tampak berbeda.

Minitab 14 yang biasa tampak biru sekarang dimixkan dengan warna kuning. Dan beberapa terjadi perubahan fitur tapi tidak begitu signifikan.

Pada semester ini *semester empat* aku mendapat mata kuliah komputasi statistik (Komstat), di mata kuliah tersebut ada bab macro minitab.

Nah, Macro Minitab itu apa?

Macro minitab itu adalah kumpulan komen-komen bagaimana kita menjalankan minitab dengan manual, biasanya kan tinggal klik-klik di menunya dan secara langsung mendapatkan jawaban.

Namun dengan macro minitab, kita bisa menuliskan komen perintahnya di notepad, pokoknya nanti hasil macro kita tersimpan dalam file eksitensi normal text *txt atau biasa dengan *mac

Nah, bukannya kalau memakai macro minitab, kita akan bekerja kurang efektif dan kurang efisien?

Hmm, sebenarnya memang seperti itu sih. Kan kita memang harus menuliskan komen perintah yang kita inginkan, di save kemudian dijalankan di windows session pada minitab tapi harus melakukan perintah enable comment dulu.

Macro memang terlihat tidak efisien, namun ternyata macro sangat efisien digunakan untuk melakukan perintah yang sama berulang kali.

Sebagai contoh kita membangkitkan data dengan N unit, kemudian kita mengambil sampel acak sebanyak n unit sebanyak k kali kemudian kita mencari rata-rata dari tiap k kali ukuran sampel sebanyak n tersebut.

rata-rata dari k kali sampel tersebut kita cari means (rata-ratanya) dan varians sehingga menghasilkan taksiran rata-rata dan taksiran varians dari rata-rata.

Kalau bekerja minitab dengan langkah di atas menggunakan program manual akan sangat lama, dan tingkat ketelitiannya juga berkurang karena itu digunakanlah Macro Minitab.

Macro minitab itu ada 3 jenis yaitu:

1. Execs
2. Global Macro
3. Local Macro

Yang lebih dikenal dalam macro minitab adalah Global macro dan Local Macro, karena dua macro tersebut mempunyai kemampuan yang lebih baik dibanding execs.

Global macro dan Local macro dapat melakukan comment seperti do, if sampai subroutine. Namun dibandingkan global Macro, Local macro mempunyai kelebihan tersendiri karena kita bisa mendeskripsikan variabel dalam bentuk konstanta, kolom atau pun matrik.

Cak klu butuh Minitabnya ni cacak punya, Download Disini ja ,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s